Website Ini Berisi Kumpulan Tutorial Pemrograman Web (HTML, CSS, Javascript, PHP, MySql), Tutorial Blogger, Tutorial jaringan Komputer, Materi Teknik Komputer Jaringan Dan Tips Seputar Teknologi

Monday, July 20, 2020

Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2021 - Blog Wong Kerteg Ireng

Yth. Bapak/Ibu
  1. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi
  2. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi
  3. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
  4. Kepala LPMP
  5. Kepala PP/BP PAUD dan Dikmas
  6. Kepala PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan PKBM
di seluruh Indonesia

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pemutakhiran data semester 1 tahun ajaran 2020/2021 dilaksanakan menggunakan aplikasi terbaru yang saat ini dirilis yaitu Aplikasi Dapodik versi 2021. Integrasi data dan pembaruan aplikasi telah dilaksanakan agar Aplikasi Dapodik versi 2021 dapat digunakan untuk pengumpulan data dari satuan pendidikan pada jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan khusus, dan pendidikan kesetaraan.

Aplikasi Dapodik versi 2021 telah menggunakan database versi baru yang dirilis dalam bentuk installer (tidak ada versi updater). Untuk itu secara teknis diharuskan melakukan uninstall Aplikasi Dapodik versi sebelumnya terlebih dahulu.

Kode registrasi Aplikasi Dapodik untuk satuan pendidikan pada jenjang PAUD (TK, KB, TPA, SPS) dan pendidikan kesetaraan (SKB/PKBM) telah diubah menjadi kode registrasi format baru yang akan didistribusikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Akun petugas pendataan tidak mengalami perubahan, sehingga akun pada aplikasi sebelumnya dapat digunakan untuk registrasi pada Aplikasi Dapodik versi 2021.

Catatan untuk satuan pendidikan SKB/PKBM, Aplikasi Dapodik versi 2021 belum dapat mengakomodasi peserta didik yang mengikuti dua program pendidikan dalam waktu yang sama (contoh: peserta didik terdaftar di rombel paket C dan kursus). Fitur ini akan diakomodasikan pada rilis berikutnya.

Berikut adalah daftar perubahan pada Aplikasi Dapodik versi 2021:
  1. [Pembaruan] Penyesuaian aplikasi setelah penggabungan antara Dapo PAUD-Dikmas dan Dapodikdasmen.
  2. [Pembaruan] Penambahan data rinci PAUD khusus untuk jenjang PAUD.
  3. [Pembaruan] Penambahan Program dan Layanan untuk jenjang PKBM dan SKB.
  4. [Pembaruan] Penambahan tabulasi sertifikasi PD pada data rinci peserta didik untuk jenjang SMA dan SMK
  5. [Pembaruan] Penambahan referensi status desa berdasarkan Kepmendikbud Nomor 580/P/2020.
  6. [Pembaruan] Penambahan fitur tarik data pada proses sinkronisasi guna menurunkan semua perubahan yang terjadi hanya pada data yang berada di server.
  7. [Pembaruan] Penambahan metode penarikan data pada API web service.
  8. [Pembaruan] Penambahan atribut tanggal mulai dan tanggal selesai pada isian rombongan belajar untuk PKBM dan SKB.
  9. [Pembaruan] Penambahan security pada aplikasi.
  10. [Pembaruan] Penambahan fitur untuk mengisi e-form kesiapan satuan pendidikan.
  11. [Pembaruan] Penambahan fitur untuk mengecek dan membuka Aplikasi PMP.
  12. [Pembaruan] Integrasi output data hasil PPDB daerah.
  13. [Pembaruan] Kelulusan bersama pada tingkat akhir untuk kelas TK B, 6, 9 dan 12/13.
  14. [Pembaruan] Generate ulang kode registrasi sekolah untuk jenjang PAUD.
  15. [Perbaikan] Perubahan instrumen sanitasi sesuai target SDGs.
  16. [Perbaikan] Penonaktifan kurikulum 2006 (KTSP) dan wajib menggunakan kurikulum 2013. Bagi SMK wajib menggunakan kurikulum 2013 REV.
  17. [Perbaikan] Perubahan proses bisnis perekaman GTK untuk pertama kali dikelola oleh Pusdatin.
  18. [Perbaikan] Perubahan proses bisnis pembuatan/perubahan akun GTK untuk jenjang SMP, SMA, SMK dan SLB.
  19. [Perbaikan] Perubahan proses bisnis bagi SMK tingkat 10 wajib memilih jurusan kompetensi keahlian.
  20. [Perbaikan] Perubahan proses bisnis bagi SMK yang diperkenankan membuka kelas terbuka hanya pada tingkat 12 saja.
  21. [Perbaikan] Perbaikan validasi pada GUI pada saat mengeluarkan siswa yang aktif.
  22. [Perbaikan] Perbaikan pengisian rombongan belajar praktik pada jenjang SMK.
  23. [Perbaikan] Perbaikan pengisian formulir pada peserta didik.
  24. [Perbaikan] Perbaikan pengisian formulir pada GTK
  25. [Perbaikan] Perbaikan fitur ubah pada ruang praktik kerja/bengkel pada jenjang SMK.
  26. [Perbaikan] Penyesuaian formulir pada halaman registrasi.
  27. [Perbaikan] Penutupan isian akreditasi prodi pada jenjang SMK.
  28. [Perbaikan] Perubahan proses bisnis pengisian tingkat kerusakan bangunan.
  29. [Perbaikan] Perubahan proses bisnis pengisian tingkat kerusakan ruang.
  30. [Perbaikan] Perubahan proses bisnis pengisian riwayat pendidikan formal kualifikasi S1 pada GTK.

Panduan Aplikasi Dapodik versi 2021 yang dapat diunduh di menu unduhan laman dapodik atau pada bagian lampiran berita ini yang memuat petunjuk teknis instalasi, registrasi online/registrasi offline, serta deskripsi dari setiap perubahan dan perbaikan pada Aplikasi Dapodik versi 2021.

Selanjutnya bagi segenap Bapak/Ibu Kepala Sekolah agar segera menugaskan Petugas pendataan untuk melakukan upgrade ke Aplikasi Dapodik versi 2021 dan melakukan pemutakhiran data semester 1 tahun ajaran 2020/2021. Pemutakhiran data dilakukan paling lambat pada Senin, 31 Agustus 2020 (Penarikan data untuk program BOS) dan pada Rabu, 30 September 2020 (Penarikan data untuk program BOP) dengan tetap menjaga kualitas data.

Demikian informasi yang kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Salam Satu Data Pendidikan Indonesia,

Admin Dapodik


LAMPIRAN

1. Link unduha Aplikasi Dapodik Versi 2021

2. Panduan Aplikasi Dapodik versi 2021

Terima Kasih... Semoga Bermanfaat

Cara Bergabung ke Kelas di Google Classroom sebagai Siswa - Blog Wong Kerteg Ireng

Blog Wong Kerteg Ireng - Google Classroom (bahasa Indonesia: Google Kelas) adalah layanan web gratis, yang dikembangkan oleh Google untuk sekolah, yang bertujuan untuk menyederhanakan membuat, mendistribusikan, dan menilai tugas dengan cara tanpa kertas. Tujuan utama Google Classroom adalah untuk merampingkan proses berbagi file antara guru dan siswa.

Google Classroom menggabungkan Google Drive untuk pembuatan dan pengiriman penugasan, Google Docs, Sheets, dan Slides untuk penulisan, Gmail untuk komunikasi, dan Google Calendar untuk penjadwalan. Siswa dapat diundang untuk bergabung dengan kelas melalui kode pribadi, atau secara otomatis diimpor dari domain sekolah. Setiap kelas membuat folder terpisah di Drive masing-masing pengguna, di mana siswa dapat mengirimkan pekerjaan untuk dinilai oleh guru. Aplikasi seluler, tersedia untuk perangkat iOS dan Android, memungkinkan pengguna mengambil foto dan melampirkan penugasan, berbagi file dari aplikasi lain, dan mengakses informasi secara offline. Guru dapat memantau kemajuan untuk setiap siswa, dan setelah dinilai, guru dapat kembali bekerja bersama dengan komentar. 

Untuk menggunakan Classroom, Anda login di komputer atau perangkat seluler, lalu bergabung dengan kelas. Setelah bergabung dengan kelas, Anda dapat memperoleh pekerjaan dari pengajar dan berkomunikasi dengan teman sekelas.

Anda dapat bergabung ke kelas dengan 2 cara:
  • Masukkan kode kelas - Pengajar membagikan kode kelas dengan Anda. Anda login ke Classroom, lalu memasukkan kode. 
  • Terima undangan - Pengajar mengirimkan undangan kepada Anda. Anda dapat menerima undangan di email atau di Classroom.
Setelah bergabung ke kelas di salah satu perangkat, Anda telah terdaftar di kelas tersebut untuk semua perangkat.

1. Bergabung dengan kode kelas

Pengajar dapat memberi tahu kode kelas kepada Anda. Setelah mendapatkan kode, ikuti langkah-langkah berikut: 
  1. Pastikan Anda login dengan akun yang benar. Jika Anda sudah login dan perlu beralih akun, di pojok kanan atas, klik gambar profil and then, pilih atau tambahkan akun Anda.
  2. Di bagian atas, klik Gabung ke kelas .
    Klik Gabung ke kelas
  3. Masukkan kode kelas dari pengajar, lalu klik Gabung.
     
    Masukkan kode kelas
    Catatan: Kode kelas terdiri dari 6-7 karakter, dan menggunakan huruf atau angka. Kode tidak boleh memiliki spasi atau simbol khusus.
2. Bergabung dengan Undangan
Jika pengajar mengundang Anda untuk bergabung ke kelas, Anda akan mendapatkan undangan melalui email, dan Anda dapat melihat kelas tersebut di halaman Kelas.
  1. Pastikan Anda login dengan akun yang benar. Jika Anda sudah login dan perlu beralih akun, di pojok kanan atas, klik gambar profil and then, pilih atau tambahkan akun Anda.
  2. Pada kartu kelas, klik Gabung.
    Klik Gabung 

    Semoga bermanfaat...

Cara mudah membuat akun Gmail lewat Hp beserta cara membuat dan mengirimkan Email - Blog Wong Kerteg Ireng

Blog Wong Kerteg Ireng Google Mail atau Gmail merupakan layanan email gratis dari Google, cara membuat email gmail sendiri tidaklah sulit. Meskipun demikian namun faktanya saat ini banyak sekali orang yang belum bisa membuat akun email. Padahal kita hanya perlu memasukan beberapa data, dan itupun hanya memerlukan beberapa langkah saja.  Meskipun saat ini banyak sekali layanan email namun saya sangat menyarankan anda untuk memilih Gmail karena faktor keamanannya lebih baik ketimbang layanan email lainnya.
 
Cara buat akun Gmail baru Android atau HP dengan OS lainnya 

Berikut cara buat akun Gmail melalui platform mobile seperti HP dan tablet.

  1. Cari menu setting atau pengaturan di HP.
  2. Cari menu account atau akun.Pilih add account atau tambah akun.
  3. Cari ikon Google.Akan muncul pilihan ‘sign in’ dan ‘create a new account’, lalu pilih ‘create a new account’.
  4. Isi nama depan dan nama belakang, lalu klik next.Isi tanggal lahir dan jenis kelamin, lalu klik next.
  5. Pilih nama sebagai username Anda, lalu klik next.
  6. Jika ternyata terdapat tulisan That username is taken. Try another. Itu tandanya orang lain telah memakai username yang Anda pilih. Anda bisa mengakalinya dengan menambah angka. Jika sudah, klik next.
  7. Selanjutnya adalah memilih password Anda. Minimal 8 karakter, bisa menggunakan huruf kecil, besar, angka, dan karakter unik. Jangan sampai lupa! Samakan isian kolom atas dengan bawah. Jika sudah, klik next.
  8. Akan muncul kotak Privacy and Terms, Klik pada tombol ‘I Agree’.
  9. Setelahnya akan ada konfirmasi username dan password. Klik Next.
  10. Kemudian muncul pilihan pembayaran. Anda bisa melewatinya dengan pilih No Thanks, lalu klik Next.
  11. Aplikasi akan memproses. Setelah itu Anda akan mendapat pemberitahuan yang mengatakan bahwa
  12. Anda telah memiliki akun Gmail baru.
Cara Mengirim Email Beserta Lampiran Lewat Gmail

Mungkin terdengar lucu jika di jaman sekarang masih ada yang belum tahu bagaimana cara mengirim email. namun jangan salah, ternyata masih banyak di antara kita yang belum tahu dan paham tentang bagaimana cara mengirim email apalagi jika disertai lampiran. Khusus bagi Anda yang masih pemula, silahkan pahami langkah-langkah berikut.
1. Cara Mengirim Email di Gmail
  • Login ke akun gmail anda.
  • Lalu klik Compose atau Tulis.
  • Akan terbuka sebuah form dipojok kanan web browser, kemudian isikan alamat email penerima pada To/kepada, Subjek/Judul lalu isi email tersbut.
  • Untuk mengirim, klik tombol Send.
 
2. Mengirim Email di Gmail Beserta Lampiran
Jika anda ingin mengirimkan file/folder (kompres dulu) baik berisi dokumen word, excel, pdf, powerpoint, gambar dan lainnya caranya hampir sama dengan langkah diatas, namun perbedaannya anda harus klik tanda klip untuk menyisipkan file yang ingin dikirim melalui email tersebut dan berikut panduannya :
  • Masuk ke akun gmail.
  • Klik Compose, kemudian isi alamat penerima, subjek dan pesan yang ingin dikirim.
  • Klik tanda Klip (Attach File) lalu cari file yang ingin anda kirim tersebut, setelah itu klik Open.
  • Tunggu sampai file selesai diupload, terakhir klik Send. 
 
Semoga bermanfaat...

Thursday, July 16, 2020

Modul Kelas 1-6 Sekolah Dasar Alternatif Anak Belajar di Rumah - Blog Wong Kerteg Ireng

Blog Wong Kerteg Ireng- Modul ini dikembangkan dari Buku Guru dan Buku Siswa Kelas I-VI Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013.

Untuk memudahkan anak belajar mandiri, kegiatan pembelajaran dilakukan untuk setiap KD (Pengetahuan dan Keterampilan) dari setiap mata pelajaran. 

Pada awal unit kegiatan tersedia keterangan Kompetensi Dasar yang akan dicapai, aktivitas belajar dan evaluasi. Pada akhir modul, disediakan kunci jawaban untuk memudahkan bapak/ibu mengukur ketercapaian kompetensi anak.
Modul Pembelajaran AKI BAGI Kelas (Aktif Kolaboratif Integratif Berkarakter Bandung Masagi) ini, disusun sebagai upaya pelayanan pendidikan untuk peserta didik yang timbul akibat Pandemi wabah virus Covid-19, sehingga dalam kondisi wabah seperti ini, mengharuskan pembelajaran peserta didik di dalam rumah baik secara daring maupun luring
Modul Pembelajaran AKI BAGI Kelas ini disusun secara linier dengan buku pembelajaran BSE kurikulum 2013 yang mengacu pada kompetensi dasar sesuai amanat kurikukm 2013. Alasan kuat yang mendasari hal tersebut adalah bahwa seorang peserta didik, meskipun dalam keterbatasanya, tetap berhak mendapatkan pembelajarannya yang mendukungnya mencapai kompetensi sesuai dengan yang diharapkan
Di dalam Modul Pembelajaran AKI BAGI Kelas ini, dirumuskan kompetensi sikap, spiritual, pengetahuan, dan ketrampilan, yang harus dikuasai peserta didik. Proses Pemebelajaran dirancang sedemikian rupa sehingga memungkinkan seorang peserta didik mampu belajar dan menyelesaikan pembelajarannya secara mudah dan mandiri yang diarahkan oleh orang tua nya. 
Berikut Modul Kelas 1-6 Sekolah Dasar sebagai Alternatif Anak Belajar di Rumah yang dapat kalian download dan bagikan ke teman-teman, saudara, keluarga dan yang lainnya : 

1. Modul Kelas 1 Tema 1 - Unduh 

2. Modul Kelas 2 Tema 1 - Unduh 

3. Modul Kelas 3 Tema 1 -  Unduh 

4. Modul Kelas 4 Tema 1 - Unduh 

5. Modul Kelas 5 Tema 1 - Unduh 

6. Modul Kelas 6 Tema 1 - Unduh

Itulah Modul Kelas 1 sampai dengan kelas 6 Sekolah Dasar (SD) alternatif belajar dari rumah selama masa pandemi Virus Corona (Covid-19).

Semoga Informasi ini dapat bermanfaat untuk guru, siswa serta untuk orang tua, jangan lupa untuk tetap membaca berita informasi seputar Pendidik.

Modul Kelas 6 Sekolah Dasar Belajar Dari Rumah - Blog Wong Kerteg Ireng

Modul belajar dari rumah kelas 6 Sekolah Dasar - Modul belajar dari rumah kelas 6 adalah salah satu kegiatan belajar yang dilaksanakan dengan cara jarak jauh selama masa darurat pandemi virus  Corona (Covid-19).


Modul pembelajaran AKI BAGI ( aktif kolaboratif integratif berkarakter Bandung Masagi),  disusun sebagai upaya pelayanan pendidikan untuk peserta didik yang timbul akibat pandemik wabah virus Corona,  sehingga dalam kondisi tersebut mengharuskan pembelajaran peserta didik dalam rumah  baik secara daring maupun secara luring.

Modul pembelajaran kelas 6 ini disusun secara linier dengan buku pembelajaran BSE kurikulum 2013 yang mengacu kepada kompetensi dasar sesuai amanat kurikulum 2013.
Belajar dari rumah bertujuan untuk memberikan kegiatan kepada siswa sekolah dasar kelas 6 agar tetap belajar di rumah baik secara daring maupun luring dengan dibantu oleh kedua orang tua.

Berikut contoh modul pembelajaran dari rumah model dari pembelajaran aktif kolaboratif interaktif berkarakter Bandung masagi dari dinas Pendidikan Kota Bandung.

 Bagi Anda yang ingin belajar modul kelas 6 Sekolah Dasar dapat diunduh melalui link dibawah ini.


Unduh Modul Kelas 6 Sekolah Dasar Belajar dari Rumah

Semoga modul pembelajaran untuk kelas 1 Sekolah Dasar tersebut dapat bermanfaat untuk para pelajar Guru dan Orang Tua.