TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN
1. Komunikasi Data
Komunikasi data adalah proses pengiriman dan
penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti
komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain)yang terhubung dalam sebuah
jaringan. Baik lokal maupun yang luas, sepeti internet. Pada dasarnya
komunikasi data merupakan proses pengiriman informasi di antara dua titik
menggunakan kode biner melewati saluran transmisi dan peralatan switching, bisa
antara komputer dan komputer,komputer dengan terminal, atau komputer dengan
peralatan, atau peralatan denganperalatan.
Pengertian lain komunikasi
data yaitu transmisi data elektronik melalui beberapa media(kabel coaksial,
fiber optik, microwave dsb). Sistem yang mungkin terjadinya
transmisi data sering disebut sebagai jaringan komunikasi data
Secara umum ada dua jenis komunikasi
data, yaitu:
Menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya.
Membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun infrastruktur jenis ini. Beberapa
layanan yang termasuk teresterial antara lain:
1. Sambungan Data
Langsung (SDL)
2. Frame Relay
4. Sambungan Komunikasi Data Paket (SKDP).
-
Melalui Satelit
Menggunakan satelit sebagai aksesnya. Biasanya wilayah
yang dicakup akses satelit lebih luas dan mampu menjangkau lokasi yang tidak
memungkinkan dibangunnya infrastruktur terestrial namun membutuhkan waktu yang
lama untuk berlangsungnya proses komunikasi. Kelemahan lain dari komunikasi via
satelit adalah adanya gangguan yang disebabkan oleh radiasi gelombang matahari
(Sun Outage) dan yang paling parah terjadi setiap 11 tahun
sekali.
Karakteristik
dasar komunikasi data:
1.
Pengiriman
Sistem harus mengirimkan data ke
tujuan yang sesuai. Data harus diterima oleh perangkat yang dimaksudkan atau
pengguna dan hanya oleh perangkat atau pengguna.
2.
Akurasi
Sistem harus memberikan data yang
akurat. Data yang telah diubah dalam transmisi dan meninggalkan
sumber,data yang tidak dikoreksi tidak dapat digunakan.
3. Ketepatan Waktu
Sistem harus mengirimkan data pada
waktu yang tepat. Terlambat nya dikirimkannya data maka tidak akan berguna.
Dalam kasus video dan audio, pengiriman waktu yang tepat berarti memberikan
data seperti yang diproduksi atau seperti aslinya, dalam urutan yang sama
ketika dibuat, dan tanpa penundaan yang signifikan. Semacam ini disebut
pengiriman transmisi real-time.
4. Jitter
Jitter mengacu pada variasi waktu
kedatangan paket. Ini adalah keterlambatan yang tidak merata dalam pengiriman
paket audio atau video. Sebagai contoh, mari kita asumsikan bahwa paket video
yang dikirim setiap 3D ms. Jika beberapa dari paket datang dengan delay 3D ms
dan yang lain dengan delay 4D ms, akan menghasilkan kualitas yang tidak merata
dalam video tersebut.
Komponen Komunikasi data :
Sebuah sistem komunikasi data
memiliki lima komponen:
1. Pesan
Pesan adalah informasi ( data) untuk
dikomunikasikan. Bentuk populer dari informasi termasuk teks, angka, gambar,
audio, dan video.
2. Pengirim
Pengirim adalah perangkat yang
mengirimkan pesan data. Hal ini dapat berupa komputer, workstation, handset
telepon, kamera video, dan sebagainya.
3. Penerima
Penerima adalah perangkat yang
menerima pesan. Hal ini dapat berupa komputer, workstation, handset telepon,
televisi, dan lain.
4. Media transmisi
Media transmisi adalah jalur fisik
dimana pesan berjalan dari pengirim ke penerima. Beberapa contoh media
transmisi termasuk kabel twisted-pair, kabel koaksial, kabel serat optik, dan
gelombang radio.
5. Protokol
Protokol adalah seperangkat aturan
yang mengatur komunikasi data. Ini merupakan kesepakatan antara perangkat yang
saling berkomunikasi. Tanpa protokol, dua perangkat mungkin akan terhubung tapi
tidak dapat berkomunikasi, orang yang berbicara Prancis tidak dapat dipahami
oleh orang yang berbicara bahasa Jepang.
Apa Yang
menyebabkan kita sangat membutuhkan Komunikasi Data :
1.
Dengan Menggunakan Sistem ini akan
terasa Lebih Efisien.
2.
Karena Sebaian besar pengguna
Komputer Hampir Menggunakan data sebagai alat komunikasi antar
kantor,Perusahaan dan Institusi institusi lainnya. Inilah yang menyebabkan
sistem Komunikasi Data diperlukan.
3.
Menjaga Data agar sampai sesuai
tujuan yang diinginkan.
4.
Dapat mengurangi Keterbatasan Waktu
5.
Data menjadi Terahasiakan.bila ada
data yang tidak boleh diketahui pihak lain.
Bagaimana Cara menjaga data dalam sistem komunikasi data :
1.
Pastikan media transmisi tidak rusak
2.
Pastikan Alamat IP yang mau dikirim
benar
3.
Lindungi kabel-kabel dari binatang
perusak
4.
Letakan Kabel kabel ditempat yang
aman
5.
selalu rutin scan virus. Recomendasi
sehari 2x
6.
HDD yang digunakan tidak boleh Bad
sector
7.
Agar lebih baik, HDD yang digunakan
tidak dicampur dengan game ini membuat file menjadi lemot untuk dibuka
Prinsip Komunikasi
Data:
1.
Pengirim/senter
2.
Media Penghantar
3.
Sink/penerima.
Isu Utama dalam
Komunikasi Data :
Isu utama dalam
komunikasi data melalui sebuah jaringan baik melalui infrastruktur teresterial ataupun
melalui satelit antara lain adalah:
2.
Memiliki Round Trip Time (RTT) yang
terlalu besar, dioptimalkan dengan adanya TCP Optimizer untuk mengurangi RTT.
3.
Adanya delay propagasi
untuk akses via satelit, membangun infrastruktur terestrial jika mungkin.
Contoh
Aplikasi Komunikasi Data :
1.
Surat Elektronik (E- Mail)
Email adalah aplikasi yang
memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui alamat
elektronik di internet.
Email dari mulai
ditulis, dikirim, hingga diterima dan dibaca semuanya ditangani secara
elektronis. Umumnya email dibuat (atau ditulis) menggunakan Mail User Agent
(MUA) lebih umum dikenal sebagai Email client), kemudian proses pengiriman
ditangani oleh Mail Transfer Agent (MTA) yang sering juga disebut sebagai mail
server. MUA juga digunakan untuk membuka dan membaca email kembali.
2.
Metode pengiriman E-mail
Untuk mengirim surat elektronik kita
memerlukan suatu program mail-client. Surat elektronik yang kita kirim akan
melalui beberapa poin sebelum sampai di tujuan. Untuk lebih jelasnya lihat
diagram dibawah. Contoh yang dipakai adalah layanan SMTP dan POP3.
Saya menulis surel →
e-mail client (di komputer saya) → SMTP server penyedia e-mail saya → Internet
→ POP3 server penyedia e-mail penerima → e-mail client (di komputer si
penerima) → surat dibaca si penerima
Terlihat surat
elektronik yang terkirim hanya melalui 5 poin (selain komputer pengirim dan
penerima). Sebenarnya lebih dari itu sebab setelah surat elektronik
meninggalkan POP3 Server maka itu akan melalui banyak server-server lainnya.
Tidak tertutup kemungkinan surat elektronik yang kita kirim disadap orang lain.
Maka dari itu bila surat elektronik yang kita kirim mengandung isi yang
sensitif sebaiknya kita melakukan tindakan pencegahan, dengan mengacak (enkrip)
data dalam surat elektronik tersebut (contohnya menggunakan PGP, sertifikat
digital, dan lain-lain)
3.
Bank Teller Terminal (ATM)
ATM (Automatic teller machine
merupakan singkatan bagi anjungan tunai mandiri) adalah sebuah alat elektronik
yang mengijinkan nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening
tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang “teller” manusia. Banyak ATM
juga mengijinkan penyimpanan uang atau cek, transfer uang atau bahkan membeli
perangko.
Dengan
perkembangan teknologi yang pesat saat ini transaksi apapun dapat dilakukan
melalui ATM, mulai dari penarikan tunai, transfer, pemindah bukuan, pembayaran
tagihan, bahkan setoran tunai maupun cetak buku dapat dilakukan di ATM.
4.
E-commerce
E-commerce
atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran,
pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik
seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce
dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem
manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri
teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan
penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial,
seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management),
e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan
transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic
data interchange /EDI), dll.
E-dagang
atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business
lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga
pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll.
Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata
atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan
bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman
barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
E-commerce
pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali
banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu
halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan
penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada
bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel
di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada
tahun 2011.
5.
E banking
Penggunaan teknologi informasi dan
komunikasi di perbankan nasional relatif lebih maju dibandingkan sektor
lainnya. Berbagai jenis teknologinya diantaranya meliputi Automated
Teller Machine, Banking Application System, Real
Time Gross Settlement System, Sistem Kliring Elektronik, dan internet
banking. Bank Indonesia sendiri lebih sering menggunakan istilah Teknologi
Sistem Informasi (TSI) Perbankan untuk semua terapan teknologi informasi dan
komunikasi dalam layanan perbankan. Istilah lain yang lebih populer adalah
Electronic Banking.
6.
M banking
M-Banking memiliki pengertian yaitu
sebuah fasilitas perbankan melalui komunikasi bergerak seperti handphone.
Dengan penyediaan fasilitas yang hampir sama dengan ATM kecuali mengambil uang
cash.Dengan ada nya M-Banking,pihak perbankan berusaha mempermudah akses para
nasabahnya dalam melakukan transaksi.Dengan adanya layanan M-Banking,nasabah
bank-bank yang telah memiliki layanan ana tentu saja tidak perlu pergi ke ATM
atau kantor Bank tersebut.
Hampir
semua bank di Indonesia telah menyediakan fasilitas M-Bankingnya baik berupa
SIMtolkit (Menu Layanan Data) maupun sms plain (sms manual) atau dikenal dengan
istilah sms banking.
Arti istilah SMS Banking merupakan layanan yang disediakan Bank
menggunakan sarana SMS untuk melakukan transaksi keuangan dan permintaan
informasi keuangan , misalnya cek saldo, mutasi rekening dan sebagainya.Keunggulan M-Banking adalah dapat di akses oleh semua pengguna handphone dengan tipe GSM.Dengan luasnya jangkauan signal GSM,layanan M-Banking tentu sangat memanjakan para nasabah.
0 komentar:
Post a Comment